Skip to content

Bagian Laut Yang Menjorok Ke Daratan Disebut

  • by

Jakarta

Indonesia merupakan negara kepulauan. Hal ini pula yang membuat Indonesia memiliki banyak
teluk
dan tanjung sebagai bagian dari pulau. Lantas, apa perbedaan di antara keduanya?

Meskipun sama-sama dapat ditemukan pada garis pantai yang sama, keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Teluk kerap kali disebut kebalikan dari tanjung.

Teluk adalah lautan atau tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya, seperti dikutip dari buku IPS Paket B kelas XI terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Teluk sering dimanfaatkan sebagai pelabuhan karena letaknya yang strategis dan dikelilingi daratan. Hal ini mempermudah teluk untuk menghubungkan kapal laut dengan pulau. Selain itu, daerah sekitar teluk juga banyak dibangun dermaga sebagai jembatan.

Contoh teluk yang ada di Indonesia adalah Teluk Jakarta, Teluk Bone di Sulawesi, Teluk Cendrawasih di Papua, Teluk Bakong di Kalimantan, Teluk Bayur di Padang, Teluk Labuan Bajo, Teluk Maumere di NTT dan masih banyak teluk lainnya.

Sebaliknya, tanjung Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri adalah tanah ujung yang diartikan sebagai daratan yang menjorok ke laut dan ketiga sisinya dikelilingi oleh lautan. Tanjung yang luas disebut semenanjung dan tanjung yang sempit disebut ujung.

Contoh tanjung yang ada di Indonesia adalah Tanjung Priok di Jakarta, Tanjung Pasir di Tangerang, Tanjung Puting di Kalimantan, Ujung Kulon di Jawa Barat, Tanjung Jabung di Jambi, Tanjung Api di Sulawesi dan masih banyak tanjung lainnya.

Setelah memahami pengertian dari
teluk
dan tanjung, selanjutnya perlu diketahui manfaat dari keduanya. Mengutip buku Geografi SMA karya Cipta Suhud Wiguna, manfaat teluk dan tanjung adalah sebagai berikut.

4 Manfaat Teluk dan Tanjung

A. Manfaat teluk

1. Sebagai pelabuhan kapal2. Sebagai objek wisata3. Sebagai tempat memancing

Popular:   Sebutkan Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya

4. Sebagai tempat budidaya ikan


B. Manfaat tanjung

1. Sebagai mengurangi resiko banjir rob2. Sebagai tempat tambak ikan3. Sebagai objek wisata

4. Sebagai tempat tinggal nelayan di sekitar pantai

Nah, itulah perbedaan
teluk
dengan tanjung serta pemanfaatannya. Semoga menambah pengetahuanmu ya, detikers.

Simak Video “Festival Teluk Jailolo, Kemeriahan Pesta Budaya Kebanggan Masyarakat Halmahera, Maluku

(Rika Pangesti/rah)

Selat adalah
laut
sempit di antara dua pulau. Sementara teluk adalah
lautan yang menjorok ke darat. Ketiga sisinya dibatasi oleh
daratan. Dalam bahasa Inggris, teluk disebut sebagai bay atau gulf.

Suatu kenampakan alam di mana daratan menjorok ke lautan disebut?

Tanjung atau semenanjung merupakan daratan yang menjorok ke laut.

Apa yang dimaksud teluk dan tanjung?

Teluk dan tanjung adalah bagian dari garis pantai yang saling berlawanan, Kids. Teluk sendiri dapat terbentuk karena adanya abrasi atau pengikisan yang disebabkan oleh ombak.

Apa perbedaan tanjung?

Teluk adalah lautan yang menjorok ke daratan, sementara tanjung adalah daratan yang menjorok ke lautan.

Kenampakan alam daratan apa saja?

Kenampakan alam daratan berupa pegunungan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah, dan tanjung. Kenampakan alam perairan berupa sungai, danau, laut, dan selat.

Apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya?

Kenampakan alam merupakan segala sesuatu yang berada di alam dan terbentuk oleh peristiwa alam yang terjadi. Di dunia ini ada banyak sekali contoh kenampakan alam yang bisa kita temukan, baik di daratan maupun perairan. Indonesia yang memiliki ribuan pulau memiliki banyak sekali kenampakan alam.

You might be interested:
FAQ: Hewan Yang Hidup Di Air Laut?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan teluk?

Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan. Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan kebanyakan keduanya mampu ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Popular:   Berikut Merupakan Karya Kerajinan Pada Tekstil Kecuali

Sebutkan apa yang dimaksud dengan teluk?

Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan. Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan kebanyakan keduanya mampu ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Apa yang dimaksud teluk brainly?

teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Karena letaknya strategis teluk banyak digunakan sebagai pelabuhan.

Apa perbedaan Selat tanjung?

Dari pengertian masing-masing istilah tersebut di atas kita sudah bisa menyimpulkan perbedannya, selat adalah wilayah lautan/perairan yang diapit dua daratan/pulau. Tanjung adalah wilayah daratan yang menjorok ke perairan/laut.

Apa perbedaan tanjung dan teluk brainly?

Jawaban terverifikasi ahli Teluk adalah lautan (perairan) yang menjorok ke daratan. Tanjung adalah daratan yang menjorok ke lautan.

Apa perbedaan pantai dan tanjung?

– Tanjung adalah bagian dari daratan yang menjorok kedalam lautan (perairan). Adapun contoh Tanjung yang terkenal di Indonesia adalah: Tanjung Lesung di Pandeglang, Tanjung Awar-Awar di Tuban, – pantai adalah Suatu endapan yang terdapat sedimen yang ditemukan mulai dari garis air terendah sampai ke tebing.

Kenampakan alam apa saja yang ada di Indonesia?

Dikutip dari buku IPS SD/MI Kls 5, Amir Kusnandar (2006: 34) kenampakan alam Indonesia terbagi menjadi kepulauan, daratan, perairan, tanah, dan hutan. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan karena terdiri dari ribuan pulau. Jumlah pulau keseluruhan kurang lebih 17.508 pulau.

Apa contoh dataran tinggi?

Berikut ini beberapa lokasi dataran tinggi di Indonesia:

  • Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.
  • Dataran Tinggi Alas dan Gayo di Aceh.
  • Dataran Tinggi Agam di Sumatera Barat.
  • Dataran Tinggi Bandung di Jawa Barat.
  • Dataran Tinggi Kerinci di Sumatera Barat.
Popular:   Berikut Ini Merupakan Teknik Memasak Dengan Pemanasan Kering Kecuali

Tanjung
adalah daratan yang menjorok ke laut, atau daratan yang dikelilingi oleh laut di ketiga sisinya.[1] Tanjung yang luas disebut semenanjung. Tanjung adalah kebalikan dari teluk, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Tanjung Harapan di Afrika Selatan

Luas tanjung biasanya relatif sempit dibanding dengan dataran di sekitarnya.

Wikimedia Commons memiliki media mengenai

Headlands
.

Artikel bertopik geografi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

  1. ^

    Media, Kompas Cyber. “Macam-macam Relief Bumi: Pengertian, Ciri, dan Kondisi Geografisnya Halaman all”. KOMPAS.com. Diakses tanggal
    2020-12-18
    .


Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Tanjung&oldid=21148474”

Teluk
atau
Pantai Terluas
adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan.[1] Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Teluk San Sebastian, Spanyol

Teluk-teluk terkenal di dunia di antaranya adalah Teluk San Francisco di Amerika Serikat, Teluk Guantanamo di Kuba, dan Teluk Persia di Jazirah Arab.

Beberapa teluk besar di Indonesia adalah Teluk Cenderawasih di Irian, Teluk Tomini di Sulawesi, dan Teluk Bone, juga di Sulawesi.


  1. ^

    “Ayo Belejar”, Kanisius, 9792118225, 9789792118223.

Artikel bertopik geografi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Teluk&oldid=21205623”

Bagian Laut Yang Menjorok Ke Daratan Disebut

Source: https://memenangkan.com/bagian-laut-yang-menjorok-ke-darat-sehingga-ketiga-sisinya-dibatasi-oleh-dataran-disebut