Skip to content

Roda Kehidupan Terus Berputar

Tidak selamanya roda kehidupan itu diam pada posisi tertentu, terkadang bisa di atas, dan tidak jarang pula berputar ke bawah. Pada saat roda kehidupan berada di atas, ada baiknya kita memang tidak terlena dengan kondisi yang tengah kita rasakan.

Terlalu terlena dengan kondisi juga dapat membawa seseorang dalam kesombongan, yang akan mengakibatkan seseorang tidak sadar bahwa bisa saja roda kehidupan itu cepat berputar.

Nah, bagaimana supaya kamu tidak terlena jika kondisimu sedang bagus? Mungkin kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini. Disimak, ya!

1. Sering-seringlah melihat ke “bawah”

Roda Hidup Berputar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Hidupmu Ada di Atas!
Pixabay/FraStief

Melihat ke atas mungkin dapat membuatmu termotivasi untuk bisa menjadi seseorang yang lebih sukses, namun ternyata gak ada salahnya jika kamu juga sering melihat ke bawah. Dengan begini, kamu gak akan mudah untuk terlena jika memang saat ini kondisimu sedang baik.

Melihat ke bawah akan membuat rasa syukurmu meningkat, dan tentu kamu akan menyadari bahwa bisa saja suatu saat roda akan berputar ke bawah. Jika kamu sudah bisa melihat ke bawah, maka kamu akan sadar bahwa gak semua orang bisa seberuntung kamu.

2. Bersikaplah dengan bijak terhadap kondisi yang tengah kamu nikmati

Roda Hidup Berputar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Hidupmu Ada di Atas!
Pixabay/mhouge

Bijak dalam hal ini berarti tidak melebih-lebihkan perasaan yang tengah kamu rasakan akibat kondisi di sekitarmu yang sedang bagus-bagusnya. Dengan berusaha menyikapi perasaan secara bijak, itu akan membuatmu gak mudah terlena dengan kondisi yang tengah kamu alami.

Memang terkadang tidak mudah untuk dapat bersikap bijak dalam kondisi yang tengah bagus, karena dibutuhkan mental yang dewasa dalam menyikapinya. Namun jika kamu mau terus belajar untuk berusaha, kamu pasti bisa kok bersikap bijak dalam kondisi apapun.

Popular:   Quotes Biru

3. Melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat

Roda Hidup Berputar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Hidupmu Ada di Atas!
Unsplash/Dollar Gill

Daripada melakukan hal-hal yang tidak berfaedah seperti hedonis dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat membawamu ke dalam pemborosan, kamu bisa melakukan hal-hal membangun yang positif.

Ada banyak kegiatan yang positif yang bisa kamu lakukan di luar sana. Kamu bisa menyalurkan hobimu seperti membaca, menulis, dan apapun itu yang dapat membangun karakter positif kamu. Jika sudah begini, kamu gak mungkin terlena dalam euforia akibat kondisi bagus.


Baca Juga: 4 Zodiak yang Tetap Bahagia Meski Single, Bukti Bahagia Itu Sederhana!

4. Jangan menjadi kacang yang lupa kulitnya

Roda Hidup Berputar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Hidupmu Ada di Atas!
Unsplash/Sujeeth Potla

Pepatah lama ini merujuk pada orang-orang yang tengah terlena dengan situasi dan lupa dari mana dan bagaimana ia berasal. Ya, sikap terlena dengan kondisi yang sedang di atas memang kerap kali terjadi pada tiap orang, dan mungkin kamu bisa juga mengalaminya.

Untuk terhindar dari sikap yang terlena berlebihan, kamu bisa tanamkan di pikiran kamu bahwa dulunya kamu juga pernah susah, dan tidak seyogyanya kamu bersikap berlebihan pada saat kamu tengah berada di atas.

5. Bersikap apa adanya

Roda Hidup Berputar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Hidupmu Ada di Atas!
Unsplash/Felix Rostig

Bersikaplah secara wajar dan apa adanya terhadap lingkungan dan teman-temanmu. Jangan sampai kamu berubah menjadi sombong hanya karena saat ini kondisimu sedang bagus.

Sikap yang wajar dan apa adanya juga akan membuatmu lebih menikmati hidup sesuai dengan apa yang kamu mau. Jika sikap dan gaya hidupmu berubah, justru hal ini akan membuat teman-temanmu menjaga jarak denganmu.

Itulah lima cara yang dapat kamu lakukan agar kamu tidak terlalu terlena dengan kondisimu yang mungkin saat ini sedang bagus. Apa kamu setuju?

Popular:   Kata Mutiara Buat Almarhum Ayah


Baca Juga: Untuk Diriku di 5 Tahun Mendatang. Apakah Kamu Hidup Bahagia?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Roda Kehidupan Terus Berputar

Source: https://www.idntimes.com/life/inspiration/dahli-anggara/5-cara-tidak-terlena-pada-saat-roda-di-atas-c1c2