5 Alasan Pria Wajib Untuk Melakukan Sunat

alasan sunatSeperti yang sudah kita ketahui bahwa sunat pria dalam agama Islam adalah wajib untuk itu seharus dilakukan sebelum menginjak usia balig, karena semakin tua usia seorang pria maka risiko komplikasi mungkin bisa juga meningkat.

Sunat ataupun khitan adalah operasi pengangkatan kulit yang menutupi ujung Mr P. khitan cukup umum terjadi pada anak laki-laki yang baru lahir di beberapa negara akan tetapi prosedur ini lebih rumit dibandingkan khitan pada anak kecil yang masih duduk di bangku SD.

Sehingga ada baiknya orang tua menyunatkan anaknya ketika mereka masih duduk dibangku sekolah dasar (SD), dan ternyata terdapat beberapa alasan seorang pria wajib untuk disunat, mau tahu apa saja? Maka simak terus ya artikel ini sampai tuntas.

5 Alasan Pria Wajib Untuk Melakukan Sunat

Bahkan menurut American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa manfaat khitan lebih besar dibandingkan dengan risikonya. Namun, AAP tidak merekomendasikan penyunatan untuk semua bayi pria yang baru lahir.

AAP meninggalkan keputusan khitan kepada orang tua dan mendukung penggunaan anestesi untuk bayi yang menjalani prosedur ini, dan berikut dibawah ini adalah alasan pria wajib untuk di sunat:

Dengan Sunat Mr P akan Lebih Mudah Untuk Dibersihkan

Alasan pertama pria wajib untuk melakukan sunat adalah karena dengan di khitan maka Mr P akan lebih mudah untuk mencuci dan membersihkan dibandingkan dengan seorang pria yang tidak di sunat, karena pada pria yang belum di khitan biasanya merasa kesulitan saat membersihkan kulup yang menutup kepala Mr P.

Berkurangnya Risiko Infeksi Saluran Kemih

Alasan kedua pria wajib untuk melakukan sunat adalah karena pria yang di khitan akan mengurangi risiko terinfeksi saluran kemih dibandingkan dengan pria maupun wanita yang tidak di khitan. Bahkan infeksi saluran kemih yang parah di awal kehidupan dapat menyebabkan masalah ginjal di kemudian hari.

Berkurangnya Risiko Infeksi Menular Seksual

Tahukah Anda bahwa seorang pria yang disunat maka kan mengurangi risiko infeksi menular seksual, dibandingkan dengan seorang pria yang tidak disunat?

Infeksi menular seksual bisa terjadi karena telah berhubungan badan dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit menular seksual, bahkan seorang pria yang di khitan mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap infeksi menular seksual tertentu, termasuk raja singa dan HIV.

Pencegahan Masalah Pada Mr P

Kadang-kadang kulup pada Mr P yang tidak disunat bisa sulit atau tidak mungkin ditarik kembali atau disebut (phimosis). Hal ini bisa menyebabkan radang kulup pada kepala Mr P, sehingga ada baiknya Anda melakukan sunat dibandingkan tidak.

Berkurangnya Risiko Kanker Mr P

Alasan pria wajib melakukan sunat selanjutnya adalah karena seorang pria yang disunat jarang mengalami kanker pada Mr P, dibandingkan dengan seorang pria yang tidak disunat. Selain itu, kanker serviks tidak terjadi pada pasangan seksual wanita yang memiliki pria yang disunat.

Itulah tadi berbagai macam penjelasan mengapa seorang pria wajib melakukan sunat dan misalkan Anda ingin disunat maka bisa datang di Klinik Utama Gracia.