Kutil Kelamin Bahaya Atau Tidak

bahaya kutil kelaminKutil kelamin bisa dikatakan bahaya atau tidak sudah pasti bahaya bila tidak dengan segera diatasi tenaga medis dengan cepat. Kutil kelamin disebabkan oleh adanya bakteri dengan nama dalam bahasa medis yaitu human papilloma.

Virus human papilloma tersebut dapat menyebar dengan cara kontak fisik seperti bersentuhan dan berhubungan badan. Kutil kelamin tidak menimbulkan rasa sakit terhadap penderita, walaupun seperti itu dapat menimbulkan efek stress dikarenakan karena mempengaruhi pemandangan dan mengganggu kondisi jiwa penderita.

Yang perlu diketahui dalam mencegah terjadinya penularan kutil kelamin terhadap anda, yaitu:

  1. Gunakan alat pengaman pada saat hendak melakukan hubungan badan
  2. Setia terhadap pasangan dalam melakukan hubungan badan, tidak dianjurkan untuk bergantian pasangan karena resiko lebih besar
  3. Melakukan hubungan badan dengan pergerakan yang wajar
  4. Menggunakan alat bantu (sex toys) secara bergantian dan belum tentu steril dari kutil kelamin dengan orang yang menggunakan sex toys tersebut

Kutil kelamin mempuyai ukuran sangat kecil dan bentuknya datar menyerupai luka goresan atau seperti terkena tetesan minyak penggorengan mirip dengan gejala herpes. Ciri dari kutil kelamin pada umumnya akan terasa gatal pada area organ intim. Tumbuhnya kutil kelamin berdekatan dengan yang lainnya dan akan membentuk gumpalan.

Jenis-jenis Kutil Kelamin

Kutil kelamin terdiri dari beberapa jenis yang menimbulkan tanda tanya apakah kutil kelamin bahaya atau tidak apabila dibiarkan begitu saja tanpa adanya bantuan tenaga medis atau pengobatan secara alami. Berikut jenis-jenis kutil kelamin yang harus kamu, diantaranya:

Kutil biasa

Penyebab dari kutil biasa dikarenakan oleh HPV tipe 4 dan 2, dengan ciri-ciri timbul di sekitar daerah wajah, siku, jari-jari, lutut dan lain-lain.

Kutil musaik

Kutil yang dapat menyatu dan membentuk kesatuan yang dinamakan dengan plak, kutil tersebut dinamakan kutil musaik.

Kutil plantar

Penyebab bisa muncul kutil plantar dikarenakan oleh virus HPV tipe 1 dan ditandai dengan warna kemerahan pada telapak kaki dikarenakan beban berat badan dalam melakukan pergerakan.

Kutil genital

Kutil genital disebabkan oleh adanya virus HPV tipe 18, 11, 16 dan 6 yang timbul diakitbatkan oleh seks bebas tanpa menggunakan alat pengaman dan bergantian pasangan.

Kutil datar

Virus HPV 10 dan 3 dengan ciri-ciri muncul di daerah lengan, wajah, lutut dan lain-lain.