makanan penyebab bau badan

Ternyata Makanan-Makanan Ini Bisa Menyebabkan Bau Badan

Bau badan adalah suatu permasalahan yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri yang kita miliki. Bau badan kadang sering di identik kan dengan seseorang yang tidak bisa menjaga kebersihan tubuhnya.

Pada saat tubuh mengeluarkan keringat, tubuh akan mengeluarkan bau yang tidak sedap jika keringat tersebut bercampur dengan bakteri yang ada di tubuh. Bau tidak sedap ini juga bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi.

Inilah Daftar Makanan Penyebab Bau Badan yan Harus Anda Hidari

Rempah-Rempah
Rempah-rempah yang beraroma kuat, saat dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang akan diserap oleh darah dan kemudian dibuang melalui paru-paru dan pori-pori kulit tempat beli pepes ikan mas enak. Hal inilah yang dapat menyebabkan tubuh menjadi bau.

Daging Merah
Daging merah memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas yang berbau busuk dilepaskan, dan inilah yang menyebabkan bau badan.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Chemical, menyimpulkan bahwa wanita menilai pria yang tidak mengonsumsi daging merah lebih menyenangkan, lebih menarik dan sedikit mengalami bau badan daripada pria yang mengonsumsi daging merah.

Brokoli
Sayuran yang terkenal baik untuk kesehatan ini ternyata juga bisa menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Brokoli yang kaya kandungan sulfur membuat timbulnya bau di badan dan juga bisa membuat perut merasa kembung, dan sering buang angin.

Kubis
Memakan kubis secara berlebihan akan membuat timbulnya bau tidak sedap di tubuh. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mencelupkan kubis ke dalam air yang mendidih selama beberapa saat agar ketika dikonsumsi tidak menimbulkan efek buruk.

Alkohol dan Kafein
Kebanyakan orang saat ini tidak bisa lepas dari kebiasaan minum dua jenis minuman ini. Namun cobalah untuk membatasi minum minuman yang mengandung alkohol ataupun kafein ini. Dengan begitu tubuh akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau badan.

Makanan Olahan dan Junk Food
Penyebab bau badan juga bisa karena konsumsi makanan seperti junk food. Makanan olahan yang terlalu banyak garam ataupun gula, tepung, minyak terhidrogenasi dan lainnya, akan membusuk di perut. Hal inilah yang bisa menyebabkan ter produksinya bau badan yang tidak diinginkan.

Karbohidrat Rendah
Karbohidrat yang kurang menyebabkan asupan makanan kaya protein menjadi berlebih. Hal ini dapat membantu membakar timbunan lemak yang ada di dalam tubuh. Namun, proses ini melepaskan keton ke dalam aliran darah yang membuat timbulnya bau badan.

Produk Susu
Produk susu yang kaya protein akan dipecah di dalam perut dan menghasilkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan yang dapat memicu timbulnya bau busuk.

Kolin
Makanan seperti telur, hati, ikan dan kacang-kacangan adalah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan bau badan Anda menjadi tidak sedap. Banyak orang malah mengatakan bahwa makanan yang kaya kolin akan membuat keringat kita menjadi seperti bau ikan.

Gorengan
Seiring berjalannya waktu, lemak dan minyak yang ada di dalam makanan yang digoreng akan menjadi tengik, dan bisa memperburuk pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan muncul bau yang tidak sedap pada tubuh.

Tembakau
Bau tidak sedap juga bisa disebabkan oleh tembakau, seperti misalnya asap rokok yang bercampur dengan unsur lainnya dan keluar lewat kelenjar keringat akan membuat keringat menjadi bau. Bahkan setelah berhenti merokok, bau seperti ini juga masih akan tetap tertinggal di tubuh Anda dalam waktu berminggu-minggu.

Trimetilamina
Terdapat sebuah kelainan genetik yang dikenal sebagai trimethylaminuria, yang membuat tubuh tidak bisa memecah asam amino, trimetilamin, dan membuat tubuh menjadi berbau tidak sedap.

Itulah beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau yang tidak sedap di tubuh. Untuk mengantisipasi munculnya bau badan tersebut, Anda bisa mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *