alasan mengapa gusi bengkak

Inilah Alasan Mengapa Gusi Anda Bisa Bengkak

Pernah mengalami gusi yang bengkak ataupun berdarah? Hal tersebut pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Namun tahukah Anda? Gusi yang sehat adalah gusi yang berwarna merah muda, kencang, tidak akan berdarah karena gosok gigi ataupun tersentuh, dan bisa menahan gigi dengan kuat. Jika gusi Anda bengkak, kemungkinan gusi Anda sedang dalam keadaan yang tidak sehat.

Penyebab Gusi Bengkak
Gusi yang bengkak memang bukanlah suatu hal yang asing lagi. Umumnya gusi yang bengkak disebabkan karena menumpuknya plak pada gigi. Plak tersebut berasal dari sisa-sisa makanan dan juga minuman yang kita konsumsi. Plak ini mengandung bakteri yang sebagian besarnya bisa mengganggu kesehatan gusi Anda.

Selain itu gusi bengkak juga bisa dikarenakan gingivitis, infeksi virus atau jamu, hamil, kurang gizi ataupun juga kekurangan vitamin C. Bukan hanya itu saja, gusi yang bengkak juga bisa karena pemasangan gigi palsu atau penggunaan perlengkapan gigi yang tidak tepat.

Bisa juga karena gusi yang sensitive akibat penggunaan pasta gigi atau cairan kumur tertentu, penggunaan obat-obat dilantin, fenobarbital, ataupun obat penghambat saluran kalsium.

Cara Mencegah Gusi Bengkak
Salah satu hal yang paling efektif untuk mencegah gusi bengkak adalah menyikat gigi secara teratur. Namun jangan menyikat gigi terlalu keras, karena hal ini bisa merusak jaringan lembut yang ada di gusi.

  • Lakukan gerakan memutar ketika menggosok gigi, dan juga gunakan sikat gigi yang berbahan nilon lembut dengan ujung yang tumpul.
  • Jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang untuk tubuh, termasuk juga kalsium dan vitamin C. Perbanyak juga konsumsi air putih setiap harinya. Hindari makanan ataupun minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Hindari rokok dan produk tembakau lainnya. Hindari juga stres yang akan berisiko meningkatkan peradangan, termasuk peradangan pada gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah perhatikan selalu kebersihan gigi dan mulut Anda. Sikatlah gigi dua kali sehari. Selain itu untuk mengatasi gusi bengkak, Anda harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah, menghindari rokok ataupun minuman beralkohol dan makanan yang sangat manis.
  • Jika gusi Anda bengkak karena penggunaan pasta gigi ataupun cairan kumur, segera hentikan pemakaiannya atau bisa juga menggantinya dengan produk yang lain.
  • Jika bengkaknya gusi Anda karena reaksi dari obat yang Anda konsumsi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter apa yang sebaiknya dilakukan.
    Penanganan lainnya bisa dilakukan seperti pembersihan plak dengan prosedur scalling, atau bisa dengan root planning.

Gangguan gusi yang termasuk parah seperti kondisi Acute Necrotizing Ulcerative Gingivitis (ANUG) atau gingivitis ulseratif akut yang ternekrotisasi, kemungkinan akan membutuhkan penanganan lebih lanjut, dan perlu mendapatkan pengobatan seperti pereda rasa nyeri, antibiotik ataupun obat kumur khusus yang mengandung klorheksidin atau hidrogen peroksida.

Obat Alami Gusi Bengkak

  1. Bawang Putih
    Kandungan antiseptik dalam bawang putih dipercaya bisa digunakan untuk gusi yang bengkak. Namun jangan menggunakan bawang putih secara berlebihan. Caranya, ambil satu siung bawang putih dan kupas. Kemudian haluskan bawang putih, tambahkan garam, lalu oleskan bawang putih halus tersebut ke gusi yang bengkak, dan diamkan selama 5 menit agar meresap.
  2. Madu
    Cara mengobati gusi bengkak dengan madu cukuplah mudah, oleskan madu pada gusi Anda yang bengkak. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari agar gusi yang bengkak bisa segera mengempes. Sebaiknya lakukan pengolesan ini saat gigi dalam keadaan bersih, misalnya ketika akan tidur, bangun tidur ataupun ketika Anda sehabis menggosok gigi.
  3. Air Putih
    Mengkonsumsi air putih adalah obat ampuh untuk mengobati gusi yang bengkak. Alasannya karena air putih dapat merangsang banyaknya air liur Anda, dan air liur di dalam mulut ini bisa digunakan untuk penyakit gusi dan mulut. Minum air putih sebanyak dua liter per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *