makanan yang menyebabkan bisul

Ada 6 Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Bisul

Bisul adalah penyakit infeksi kulit bagian folikel atau kelenjar minyak kulit. Pertama- pertama kulit akan berubah menjadi warna kemerahan didaerah yang sudah terkena infeksi sesudah itu muncul benjolan, selang beberapa hari barulah benjolan itu berubah menjadi warna putih karena sudah ada nanah dalam benjolan tersebut. Nanah atau cairan itu mengandung sel darah putih dan kuman.

Ada beberapa bagian tubuh yang paling sering terkena bisul yaitu, muka, leher, ketiak, bahu, bokong, paha, mata Ini karena bagian-bagian tersebut yang sering terkena gesekan dan sering mengeluarkan keringat dan rasa gatal.

Dibawah ini ada beberapa makanan yang harus kita hindari agar tidak terkena penyakit bisul.

Sea Food
Makanan ini dapat menyebabkan orang terkena bisul, karena rasa gatal-gatal yang dialami setelah memakan seafood.
Gorengan

Minyak yang digunakan untuk menggoreng ini banyak mengandung lemak jenuh, dan apabila kita terus menerus memakan gorengan dapat mengakibatkan kolesterol dan penyakit kulit seperti bisul.

Kacang-kacangan
Penyebab bisul dan penyakit kulit lainnya adalah kacang kacangan. Dengan memakan Kacang kacangan dengan berlebihan bisa menyebabkan seseorang mengalami bisulan dan mengalami masalah kulit. Umumnya orang yang suka mengkonsumsi kacang kacangan terutama kacang tanah akan memiliki kulit yang cenderung berminyak.

Makanan dan minuman yang berbau Amis
Makanan yang beraroma tidak sedap atau amis kebanyakan mengandung lemak dan protein yang tinggi, jadi barang siapa yang memakan akan menyebabkan bisul dan penyakit kulit lainnya. Minuman yang berbau amis seperti susu pun patut dikurangi.

Ikan Asin
Makanan jenis Ikan yang sudah diasinkan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami bisul. Karena pada ikan yang diasinkan mengandung protein yang tinggi dan kadar garam yang tinggi.

Daging Kambing
Daging kambing juga masuk dalam daftar yang menyebabkan bisul, karena ini mengandung protein yang tinggi dan lemak yang tinggi.

Gula
Gula mempunyai zat inglikemik yang sangat tinggi, dan ini tentunya bisa membuat gula darah naik dengan sangat melonjak dan membuat kerja insulin semakin berat, oleh sebab itu dapat memicu hormon yang menghasilkan kelenjar minyak yang berlebihan.

Itulah nama- nama makanan penyebab bisul yang harus kita hindari. Boleh saja mengkonsumsinya namun harus dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu justru tidak bagus untuk kesehatan

Apabila penyakit bisul yang anda alami semakin parah dan muncul gejala seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, kulit sekitar jerawat juga memerah, bisul semakin banyak dan menyebar.

Maka lebih baik segera periksakan ke Klinik Utama Gracia. Anda akan dilayani oleh dokter dan tim medis yang sudah berpengalaman dengan fasilitas teknologi yang modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *